Profil Lentera Siroh Anak

Lentera Siroh Anak

Lentera Siroh Anak adalah salah satu media untuk berkisah. Dari Nabi Untuk Anak Indonesia

Muqadimmah

Keluarga muslim betapa istimewanya sejarah untuk Pendidikan anak-anak kita, dan perlu dipahami bahwa betapa luar biasanya sejarah ini membentuk pondasi awal, mereka baru mengenal untuk mengimani Rabbnya, belajar beribadah, karena Allah Subhanhuwata’alla menurunkan Qur’an  sepertiganya adalah sejarah dari kisah-kisah umat terdahulu.

Kisah-kisah umat terdahulu dalam Al Qur’an dikisahkan kepada Nabi Muhammad di fase Makkah. Manna’al Qaththan dalam Mahabits fi ‘ulum al Quran menyebutkan salah satu ciri Surat Makkiyah adalah setiap surat yang di dalamnya terdapat kisah para Nabi dan umat terdahulu, maka itu adalah Makiyyah kecuali Surat Al Baqarah.

Kita semua tahu bahwa Makkah adalah fase pembentukkan pondasi umat. Saat mereka mulai mengenal Islam, maka penguatan pondasi aqidah dan akhlak sangat efektif dengan menggunakan kisah

Selanjutnya, mari kita lihat kalimat Zainul Abidin Ali bin Husein bin Ali bin Abi Thalib, “Kami diajari perang-perang (sejarah) Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam seperti kami diajari salah satu surat dalam Al-Qur’an.”

Jika Al-Qur’an merupakan panduan inti dan utama yang harus dipelajari oleh seorang muslim, itu artinya sejarah hampir disejajarkan dengan Al-Qur’anul Karim. Sayang sekali ketika hari ini kita menganggap sejarah adalah sebuah pelajaran yang amat sangat membosankan. Bahkan kita tidak merasa berkeperluan karena kita tidak terlibat dalam sejarah itu. Maka di awal inilah kita harus tahu bagaimana dan apa pentingnya kita memasuki sejarah.

Ulama Imam Az Zuhri berkata “Ilmu Maghozi (tempat/waktu peperangan/sejarah) adalah merupakan ilmu dunia dan akhirat” walau sangat penting posisi sejarah dan kisah, namun belum mendapat porsi yang besar dalam Pendidikan hari ini,  oleh karena itu maka Lentera Siroh Anak hadir mengisi ruang kosong tersebut, berharap kisah dan sejarah ini mampu melahirkan generasi-generasi terbaik peradaban.

Why?

Al-Qur’anul Karim terdiri dari lebih dari sepertiganya adalah kisah. Sepertiga kisah itulah yang telah membentuk Rasul dan para sahabat menjadi orang yang dihadirkan Allah di muka bumi sebagai kuntum khairu ummah, sebagai generasi terbaik yang pernah dihadirkan Allah di muka bumi. Ini berarti, kisah memiliki peran yang sangat besar. Kisah mampu memberikan inspirasi, motivasi solusi, prediksi, untuk bekal kehidupan anak-anak muslim. Sesuai dengan Tagline Lentera Siroh Anak “Dari Nabi Untuk Anak Indonesia”

Where?

Kisah dapat diakses oleh anak dimana saja, dengan menggunakan fasilitas internet melalui website dan mobil aplikasi

Who?

Seluruh anak muslim yang ingin mendapatkan kisah-kisah yang sesuai panduan Nubuwwah.

What?

Merupakan media Pendidikan Islam untuk anak, yang berisikan kisah-kisah dari referensi ilmiah terpercaya, yang dikemas lebih banyak dalam bentuk 50 % Audio, dan 50% dalam bentuk Tulisan, Gambar, dan Video. Lebih banyak porsi audio karena kami ingin mengembalikan urutan pendidikan sesuai Al Qur’an yaitu mendengar sebelum melihat, didalam Al Qur’an terdapat 8 ayat yang membahas asmaul husna سَمِيعًا

  • QS. An Nisa : 48,
  • QS. An Nisa : 134,
  • QS. Al Hajj : 61,
  • QS. Al Hajj : 75,
  • QS. Lukman : 28,
  • QS. Ghafir : 20,
  • QS. Ghafir : 56,
  • QS. Al Mujadila : 1

When?

Kisah diberikan rutin dan berkala disetiap pekannya.