Muqadimmah Berkisah

Berkisah sangat dahsyat. Pengaruhnya pada jiwa begitu besar. Ia masuk kedalam diri dengan halus. Nasehat yang mudah dikenang. Teguran yang tidak menyakiti. Motivator yang murah dan mudah dihadirkan kapan saja. Tak hanya anak-anak yang siap duduk berlama-lama di hadapan kisah. Orangtua pun sangat menikmatinya.

Para pentutur siroh Lentera Siroh Anak, adalah para pendidik yang sangat memperhatikan 2 hal penting, Yaitu konten atau isi kisahnya dan teknis bertutur, idealnya keduanya saling menguatkan, ibarat 2 kaki yang saling menopang dan menguatkan, jika tidak kuat maka effect-nya saat berjalan akan pincang maka otomatis akan berdampak buruk bagi jalannya roda transfer ilmu ke audiens.

Muqadimmah Pelatihan Berkisah

Seringkali, Rasulullah memberikan pengajaran kepada para sahabatnya dengan cara menceritakan kisah-kisah dan kejadian yang menimpa umat-umat terdahulu. Metode demikian dianggap lebih mampu memberikan kesan yang baik, lebih menarik perhatian, lebih mendorong mereka untuk mencurahkan semua tenaga dan perhatian, serta lebih merasuk kedalam hati dann telinga mereka secara maksimal. Hal ini karena, melalui metode ini, pendengar (peserta didik) tidak di hadapkan pada perintah atau larangan secara langsung, melainkan kisah-kisah tentang orang lain. Sehingga mereka bisa mengambil pelajaran, nasihat, keteladanan dan contoh dari orang-orang itu.

Karena metode berkisah, merupakan salah satu metode Nabi Muhammad dalam menguatkan iman para sahabatnya, oleh karena itu metode ini bisa dipakai sebagai media menanamkan nilai-nilai iman kepada tunas peradaban. Kami Lentera Siroh Anak menawarkan pelatihan berkisah untuk para orangtua, guru, mahasiswa, dan siapapun yang ingin mendapatkan teori dan aplikasi kisah yang sesuai panduan kenabian.